Minggu, 19 Juli 2015

Keindahan Pantai Batu Hiu


Pantai Batu Hiu merupakan salah satu tempat pariwisata yang berada di kabupaten Pangandaran, pantai Batu Hiu terkenal dengan pantainya yang khas dan memiliki ciri karang menyerupai ikan hiu lokasi pantai batu hiu berjarak 14 km dari pangandaran,yang terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Pantai Batu Hiu memiliki keindahan alam yang sangat elok dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon pandan wong, sangat terlihat jelas karang di tengah pantai menyerupai ikan hiu serta kita dapat menyaksikan deburan ombaknya yang menggulung putih tidak hanya itu dari bukit asri ini laut lepas Samudera Hindia begitu jelas terlihat.


Di sebelah utara bukit bisa dijumpai beberapa petilasan, seperti makam keramat yang konon merupakan petilasan tokoh-tokoh yang ada kaitannya dengan sejarah Pantai Batu Hiu berdasarkan cerita rakyat, bahwa pada abad ke-11 sejumlah pasukan kerajaan mataram yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede tiba di tempat ini. ketika mereka tiba di darat, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sementara di dekat bukit. kemudian Aki dan Nini Gede memerintahkan pasukannya untuk mencaari makanan. salah satu pasukan yang disebut Ki Braja Lintang, memutuskan untuk mencari ikan  di pantai dan menangkap ikan hiu. ketika Aki dan Nini Gede mengetahui tentang ini, meraka mengatakan kepadanya untuk melepasakan ikan hiu tersebut ke lautan, ketika mereka melepaskannya, ikan hiu tersebut berubah menjadi sebuah batu hitam besar yang berbentuk hiu dan masih bisa terlihat sampai saat ini dan dinamakan Batu Hiu.


                                                                                                      















Pintu masuk utama pantai Batu Hiu merupakan sebuah gua yang berbentuk kepala hiu besar, ketika pengunjung berada di dalam gua tersebut seolah-olah pengunjung sedang berada di dalam rahang ikan hiu, dengan banyak gigi yang tajam. Meskipun pantai Batu Hiu tidak cocok untuk berenang karena deburan ombaknya yang begitu besar, pantai Batu Hiu adalah tempat yang paling tepat untuk bersantai dan ber foto-foto, dimana pengunjungnya bisa melepaskan semua kepenatan dari rutinitas sehari-hari.
Kira-kira 15 meter ke arah barat dari bau Hiu disana kita dapat menjumpai penangkaran penyu hijau yang dikelola oleh Kelompok Pelestari Biota Laut (KBPL) Batu Hiu. Penangkaran penyu hijau merupakan salah satu objek wisata edukasi di daaeah pangandaran, disana pengujung dapat megetahui beberapa jenis penyu serta perkembang biakannya. Selain itu pengunjung juga diperbolehkan untuk mengelus dan memberi makan penyu-penyu yanng berada di penangkaran. Jikka sedang beruntung, pada bulan-bulan tertentu kita dapat melepaskan beberapa tukik (anak penyu) ke lautan dan disitu kita diperbolehkan untuk mengantar dan mengiringi penyu agar sampai ke tepi pantai untuk selanjutnya mengarungi samudera.
 





.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar